11/05/2010

The Most Expensive Dishes!!!!!!! (Truffle, Wagyu, Turkey)

This is it!

Cihuuyyy,, dapet tantangan oleh salah satu kerbat gw di Indonesia, seorang penulis hebat Mr. Fery Palenga..
Sebuah kejutan dan kehormatan bagi gw saat dy jalan2 ke blog ini, dan menyebut bahwa blog ini sangat informatif,, hahaha,, thx a lot bos! dia juga meminta gw buat memuat menu yg berbahan dasar Truffle (Oh My God! Jamur termahal di muka bumi!!!) sempet mikir sebenernya, ini becanda apa serius. Hahaha. Sedikit informasi untuk Truffle, jamur ini di patok harga tinggi karena langkanya ituh lohh,, jamur ini biasanya gk akan muncul di permukaan tanah, hidupnya di sekitar pohon ek but... ngga nempel di batang pohon ek, tapi di sekitar akar,, (nah loh??) jadi bayangin ajah gmn cara nyarinya,, huahahaha..
Setelah shock nya mulai ilang, bru kepikiran "kan di kampus di sediakan Truffle, tp harus izin ke dosen dlu klo mo pake" akhirnya gw lgsg tlp dosen pembimbing gw dan dy lgsg blg "okay, you can have them a little but under my control,," YESSSS!!!! gw lgsg msk ke ruangan masak termuktakhir di kampus gw, dan menyiapkan bahan2, si Mr. Fery Palenga maunya di masak steak, so karena ini pake jamur termahal masa iyah gw pake daging lokal swiss? gk lucu,, skalean ajah gw pake Wagyu! Yep, daging import dari Jepang, daging sapi nomor 1 di dunia,, tadinya mo pake Sapi Kobe yg nomor 2 tp kebetulan stock nya kosong jadi pake wagyu, dan satu lagi daging yg jd mknan khas sini, Turkey ato kalkun,, hehehe,, Dibawah pengawasan penuh sama dosen gw yg baik hati (antara baik apa mo minta bagian dy =p~) gw pun mulaii,, dan hasilnya This is it!!! Mix Wagyu and Turkey Steak with Truffle Sauce..

Mix Wagyu and Turkey Steak with Truffle Sauce
waktu persiapan 30 menit, waktu masak 20-30 menit for all 1 jam
untuk 2 porsi
kalori : 540cal

Ingredient : 
untuk daging :
  • 2 potong wagyu tenderloin kira-kira 250gr per potong
  • 2 potong kalkun fillet kira2 150gr per potong / bisa di ganti ayam klo susah dpt kalkun hehehe..
  • 2 sendok makan butter
  • 1 buah lemon 
  • 1 sendok teh garam dan merica bubuk
untuk sauce :
  • 1 1/2 sendok makan butter
  • 1 buah bawang merah di rajang halus
  • 2 lembar jamur Truffle di potong kecil2 (HARUS KECIL2!!!!! klo gak sayaaangg,, mahaal boo -_-)
  • 2 sendok makan red wine
  • 1/2 cup kaldu sapi
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok teh garam
untuk penyajian / penghias :
  • 4 buah tunas kol
  • 1 jeruk limau
  • seledri secukupnya
Direction :
untuk daging :
  • Butter di lelehkan, kemudian di oleskan pada daging dan tambahkan perasan lemon, garam dan merica setelah itu diamkan selama 15 menit
  • Panaskan Griller, dan panggang daging sampai dengan kematangan yg di inginkan (klo disini biasanya half done) sambil di oleskan sisa rendaman butter, lemon, garam dan merica.
untuk sauce :
  • lelehkan butter di penggorengan anti lengket dengan api sedang, tumis bawang merah dan truffle sampai setengah matang
  • masukan red wine, garam dan lada hitam
  • masukan kaldu sapi dan masak hingga mendidih dan agak mengental, apabila kurang kental bisa di tambahkan sedikit tepung maizena
Penyajian :
  • Tempatkan daging wagyu dan kalkun menumpuk seperti pada gambar.
  • tempatkan beberapa hiasan dan side course.
  • Siram sauce truffle diatasnya,, 
Penyajian sebenernya sesuai dengan kreasi masing2, untuk gambar diatas itu udah penyajian ala Chef Professional seperti saya =p~. Anyway!! Selamat Mencobaa.. Dan tantangan sudah terjawab bukan Mr. Fery?? ^^ Thx a lot!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar